Kebenaran Mitos Kanker Payudara

Kebenaran Mitos Kanker Payudara – Para wanita memang harus berhati-hati akan bahaya kanker payudara yang dapat menyerang siapapun dan kapanpun. Sebagai wanita, Anda pastinya ingin mengetahui tentang kebenaran mitos mengenai kanker payudara.

Berikut ini beberapa kebenaran mitos kanker payudara yang harus Anda ketahui:

Mitos 1: Hanya perempuan dengan riwayat keluarga kanker payudara yang berisiko

Pada kenyataannya, sekitar 70% perempuan yang didiagnosis menderita kanker payudara justru tidak memiliki faktor risiko yang berhubungan dengan keluarga yang memiliki penyakit sama.

Namun, riwayat keluarga juga berpengaruh jika Anda merupakan generasi langsung dari penderita, seperti misalnya, saudara kandung, ibu kandung atau anak kandung. Anda mungkin memiliki dua kali lipat risiko mengalami kanker payudara.

Mitos 2: Mengenakan BH dengan kawat penyangga meningkatkan risiko kanker payudara

Hal ini tidak benar adanya bahwa bra berkawat mampu mengganggu sistem limfatik payudara, yang kemudian menyebabkan racun menumpuk dan menyebabkan kanker payudara. Yang mungkin berhubungan adalah ketat tidaknya pakaian dalam Anda yang mampu meningkatkan risiko karena peredaran darah kurang lancar.

Mitos 3: Benjolan pada payudara sudah bisa dipastikan adalah kanker

Kenyataanya, sekitar 80% dari benjolan di payudara wanita disebabkan oleh tumor jinak, kista atau semacamnya. Namun ada baiknya tidak mengabaikan hal ini dan langsung periksa ke dokter agar tidak menyebar dan menjadi semakin parah.

Mitos 4: Payudara kecil berisiko rendah kena kanker

Faktanya, tidak ada hubungan ukuran payudara dengan risiko kena kanker payudara. Namun ukuran yang besar mungkin membuat pemeriksaan lebih sulit dilakukan. Tapi semua perempuan harus berkomitmen untuk melakukan pemeriksaan rutin.

Mitos 5: Jika hasil mamografi negatif, maka bebas dari kanker

Meski mamografi penting untuk skrining dan diagnosis kanker, tapi sekitar 10-20% menunjukkan hasil yang salah. Untuk itu melakukan pemeriksaan payudara sendiri tetap menjadi hal yang penting dilakukan oleh semua perempuan.

Mitos 6: Operasi bisa bikin kanker menyebar

Kenyataannya, operasi atau pembedahan tidak menyebabkan kanker atau membuat kanker payudara menyebar. Ada kemungkinan dokter menemukan jumlah kanker yang lebih besar dari perkiraan ketika melakukan operasi.

Mitos 7: Perawatan kesuburan bisa tingkatkan risiko kanker

Mitos ini tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Beberapa studi menemukan calon ibu yang melakukan perawatan kesuburan cenderung tidak memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara, karenanya peneliti tidak menemukan bukti ilmiah mengenai kabar tersebut.

Mitos-mitos ini memang tidak sepenuhnya benar, namun juga tidak sepenuhnya salah. Oleh karena itu, yang terpenting adalah Anda memeriksakan payudara Anda secara rutin.

Demikianlah artikel Kebenaran Mitos Kanker Payudara. Semoga bermanfaat.

Sumber: vemale.com, detik.com

Banner 600 - bawah artikel - jangan salahkan laptop 1

Mau Tau Cara Diet Artis Korea & Tips Sehat Cantik Lainnya?

Penawaran TERBATAS!! Masukkan Email Anda & Dapatkan E-book GRATIS Tentang 50 Tips Sehat & Baik Dari Konsultan Kesehatan Terpercaya!!

 

Mau Tau Cara Diet Artis Korea & Tips Sehat Cantik Lainnya?

Penawaran TERBATAS!! Masukkan Email Anda & Dapatkan E-book GRATIS Tentang 50 Tips Sehat & Baik Dari Konsultan Kesehatan Terpercaya!!