Khasiat Tanaman Obat Handeuleum

Tanaman Obat Handeuleum

Nama lain dari tumbuhan ini adalah:

  • Graptophyhlum pictum
  • Demung
  • Tulak
  • Wungu
  • Karotong
  • Lemen
  • Daun Ungu

Pengenalan Tumbuhan

Tanaman obat ini berupa sejenis perdu. Tinggi dari tanaman obat yang satu ini dapat mencapai 1,5 hingga 3 m. Batang dari tanaman ini bentuknya bundar. Namun, dapat dibilang berbentuk segitiga juga. Segitiga yang tumpul. Kulit batang dari tanaman ini berlendir. Daun dari tanaman ini berlendir juga. Bau dari lendirnya kurang enak untuk dicium oleh indera pencium kita. Daun dari tanaman ini berhadapan bentuk jorong sampai memanjang. Tepi daunnya rata. Warna daunnya adalah hijau. Hijau dengan bercak putih yang menghiasinya. Dapat juga berwarna kuning atau ungu. Bunga dari tanaman ini adalah merah tua. Bunga dari tanaman ini tersusun dalam rangkaian berupa tandan yang tumbuh pada ujung tangkai. Buah dari tanaman yang satu ini berbentuk kotak. Kotak yang menjorong. Buah ini mempunyai biji. Biji buahnya berjumlah dua buah. Dua buah bijinya berbentuk bulat.

Tanaman Obat Handeuleum

Tanaman ini mempunyai ciri khas tempat tumbuhnya. Daerah tempat tumbuhnya di dataran rendah sampai 1250 m di atas permukaan laut. Tumbuhan obat satu ini banyak kita jumpai di tempat-tempat terbuka. Selain dapat kita jumpai di tempat terbuka, tanaman ini biasanya kita jumpai di tempat yang memiliki iklim kering dan lembap. Kita dapat menjumpai tanaman ini di pekuburan atau tempat-tempat kosong. Itu gambaran tempat tumbuhan ini hidup sebelum manusia membudidayakannya. Sekarang manusia sudah membudidayakannya sebagai salah satu tanaman hias yang dibiakkan di halaman rumahnya. Tumbuhan ini masuk ke dalam kategori famili Acanthaceae.

‘Kandungan kimia di dalamnya

Tanaman ini, seperti tanaman obat dan tanaman-tanaman lainnya mempunyai kandungan kimia di dalamnya. Kandungan kimia di dalamya berbentuk kumarin. Selain kumarin, alkaloid, pektin, dan asam formiat serta lendir.

Penggunaan Tanaman Obat Handeuleum

Tanaman obat yang satu ini dapat digunakan dengan cara daun dipanaskan dengan air kelapa.  Daun yang telah dipanaskan dengan air kelapa ini digunakan sebagai obat luar bagi tubuh yang sedang  bengkak dan juga obat luar dari penyakit bisul.

Tanaman obat yang satu ini juga dapat digunakan dengan cara direbus. Daun tanaman ini direbus selama kurang lebih ¼ jam.  Nah, setelah air mendidih barulah airnya dapat diminum. Air rebusan ini dipergunakan untuk obat ambeien dan sukar kencing.  Penggunaan lainnya adalah dengan cara bunga keringnya diseduh dengan air panas, kemudian diminum. Gunanya adalah untuk melancarkan haid.

Banner 600 - bawah artikel - jangan salahkan laptop 1

Mau Tau Cara Diet Artis Korea & Tips Sehat Cantik Lainnya?

Penawaran TERBATAS!! Masukkan Email Anda & Dapatkan E-book GRATIS Tentang 50 Tips Sehat & Baik Dari Konsultan Kesehatan Terpercaya!!

 

Mau Tau Cara Diet Artis Korea & Tips Sehat Cantik Lainnya?

Penawaran TERBATAS!! Masukkan Email Anda & Dapatkan E-book GRATIS Tentang 50 Tips Sehat & Baik Dari Konsultan Kesehatan Terpercaya!!