Manfaat Bawang Putih Bagi Penderita Kolesterol Dan Darah Tinggi

Manfaat Bawang Putih Bagi Penderita Kolesterol Dan Darah Tinggi- Bentuknya kecil dan baunya harum, sehingga sering dijadikan bumbu dapur. Apakah itu? Ya, bawang putih memang bahan yang amat sering kita masukkan ke dalam masakan kita. Kabar bahagianya, bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai penyedap makanan saja akan tetapi ada banyak manfaat dari bumbu dapur yang satu ini, yuk simak Manfaat Bawang Putih Bagi Penderita Kolesterol Dan Darah Tinggi!

manfaat bawang putih

1. Mengandung komponen bernama Allicin.

Allicin merupakan zat yang banyak terdapat pada obat-obatan. Efek kesehatan yang didapat dari bawang putih sebagian besar berasal dari komponen sulfur yang terbentuk saat siung bawang putih dipotong, digeprok, atau dikunyah. Komponen itulah yang disebut allicin, yang menyebabkan bau yang khas.

2. Sangat bernutrisi, namun mengandung kalori yang sangat sedikit

Bawang putih mengandung mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium, serat, dan kalsium, tembaga, potasium, fosfor, zat besi, serta vitamin B1. 28 gr bawang putih mengandung 42 kalori, dengan 1,8 gram protein dan 9 gram karbohidrat.

3. Mampu melawan flu

Bawang putih mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi ekstrak bawang putih dosis tinggi (2,56 gram per har) dapat mengurangi potensi flu sebanyak 61%.

4. Mengurangi tekanan darah

Penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit paling mematikan di dunia. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu faktor pemicu paling penting dari penyakit tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen bawang putih dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi. Anda hanya perlu meminum ekstrak bawang putih 600-1.500 mg per harinya atau 4 siung bawang putih per hari.

5. Menurunkan kolesterol, dan mengurangi resiko sakit jantung

Bawang putih dapat menurunkan kolesterol total dan juga LDL (kolesterol jahat). Bagi Anda penderita kolesterol tinggi, maka suplemen bawang putih dapat mengurangi kolesterol total dan LDL hingga 10-15%. Bawang putih dapat menurunkan LDL namun tidak mempengaruhi kadar HDl (kolesterol baik). Akan tetapi, bawang putih tidak dapat menurunkan kadar trigliserid.

6. Mengandung antioksidan yang membantu mencegah Alzheimer dan dementia

Bawang putih mengandung antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh terhadap kerusakan oxidatif. Suplemen bawang putih dosis tinggi dapat meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, termasuk secara signifikan mengurangi tekanan oksidatif pada penderita tekanan darah tinggi. Dengan kombinasi manfaat bawang putih dalam mengurangi kolesterol dan tekanan darah, serta merupakan salah satu bentuk antioksidan, maka bawang putih juga dapat membantu mencegah penyakit otak, yaitu Alzheimer dan dementia.

7. Membantu Anda hidup lebih lama

Mengingat manfaat-manfaat bawang putih yang ada di atas, maka bawang putih memang bisa membantu Anda hidup lebih lama. Bawang putih juga dapat membantu melawan penyakit menular, karena itu merupakan salah satu penyebab umum kematian pada orang tua atau pada orang dengan disfungsi imunitas.

Demikianlah sejumlah Manfaat Bawang Putih Bagi Penderita Kolesterol Dan Darah Tinggi. Semoga bermanfaat

Banner 600 - bawah artikel - jangan salahkan laptop 1

Mau Tau Cara Diet Artis Korea & Tips Sehat Cantik Lainnya?

Penawaran TERBATAS!! Masukkan Email Anda & Dapatkan E-book GRATIS Tentang 50 Tips Sehat & Baik Dari Konsultan Kesehatan Terpercaya!!

 

Mau Tau Cara Diet Artis Korea & Tips Sehat Cantik Lainnya?

Penawaran TERBATAS!! Masukkan Email Anda & Dapatkan E-book GRATIS Tentang 50 Tips Sehat & Baik Dari Konsultan Kesehatan Terpercaya!!