Mengenal Lebih Jauh Penyebab Mastitis Payudara Wanita

Banyak ibu baru yang tidak mau menyusui anaknya. Ini disebabkan rasa nyeri yang dideritanya pada bagian payudaranya. Rasa nyeri ini ditandai dengan payudara yang memerah, payudara yang menjadi bengkak, serta disertai demam yang menjadikan penderitanya menggigil. Banyak orang tidak tahu ini penyakit apa. Nah, kita kasih tau nih nama penyakitnya adalah mastitis. Ini tentu saja ada penyebabnya. Dan ada juga cara pencegahannya. Diharapkan dengan mengenal penyakit mastitis, banyak bayi menjadi terurus lebih baik karena mendapatkan ASI.

ilustrasi mastitis

Penyebab Mastitis

Mastitis merupakan bahasa latin. Arti dari mastitis adalah peradangan yang terjadi pada payudara. Pada bagian payudara yang meradang ditandai dengan warna kemerahan. Pada bagian itu pula bengkak terjadi yang disertai nyeri dan panas. Penyakit Mastitis acapkali terlihat pada ibu yang baru saja melahirkan anaknya. Penyakit ini Biasa terjadi di minggu pertama sampai dengan minggu ketiga.

Penyebab utama dari penyakit ini adalah bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri yang satu ini banyak terdapat di kulit manusia. Bakteri ini dapat berkembang biak dengan mudah ketika bagian payudara kurang terjaga kebersihannya.

Mastitis harus segera ditangani. Pembiaran penyakit ini dapat mengakibatkan abses payudara. Abses adalah keadaan ketika terdapat nanah yang menggumpal pada bagian payudara. Jika ini terjadi maka akan lebih menyakitkan bagi si ibu. Abses akan menjadika payudara terlihat lebih merah dan juga lebih membengkak. Pada keadaan ini ASI yang dikeluarkan pun mengandung nanah.

Faktor Penyebab Mastitis Payudara

Diketahui bahwa terdapat beberapa kondisi penyebab  mastitis payudara, yaitu:

  • Ketika puting susu seorang ibu berbentuk datar atau terbenam. Kondisi puting seperti ini menyebabkan ASI si ibu menjadi tidak dapat keluar. Oleh karenanya, bakteri dapat lebih mudah menginfeksi payudara si ibu.
  • Ketika payudara menjadi lecet. Penyebabnya bisa kuku yang menggores, goresan dari bra. Namun, bisa juga karena akibat lain.
  • Ketika payudara menjadi luka akibat bayi si ibu. Pelepasan mulut bayi dari payudara si ibu dapat mengakibatkan luka pada payudara jika tidak dilepaskan dengan benar.
  • Ketika payudara si ibu membengkak disebabkan ASI yang menumpuk. Karena ASI tidak dikeluarkan, payudara akan membengkak. Penyebabnya adalah saluran vena dan limfe yang terhambat. Kondisi bengkak yang terjadi pada payudara si ibu ini dapat yang dapat memicu terjadinya mastitis.
Banner 600 - bawah artikel - jangan salahkan laptop 1

Mau Tau Cara Diet Artis Korea & Tips Sehat Cantik Lainnya?

Penawaran TERBATAS!! Masukkan Email Anda & Dapatkan E-book GRATIS Tentang 50 Tips Sehat & Baik Dari Konsultan Kesehatan Terpercaya!!

 

Mau Tau Cara Diet Artis Korea & Tips Sehat Cantik Lainnya?

Penawaran TERBATAS!! Masukkan Email Anda & Dapatkan E-book GRATIS Tentang 50 Tips Sehat & Baik Dari Konsultan Kesehatan Terpercaya!!