Waspadai! Ciri-ciri Kanker Kulit Menyerupai Jerawat!

Kanker kulit adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan abnormal dari sel-sel kulit pada seseorang. Hal ini terjadi ketika DNA yang tidak diperbaiki merusak sel-sel kulit (paling sering disebabkan oleh radiasi ultraviolet dari sinar matahari atau tanning beds), sehingga memicu mutasi, atau cacat genetik, yang mengakibatkan sel-sel kulit berkembang biak dengan cepat dan membentuk tumor ganas.

Penyakit kanker kulit memiliki ciri-ciri menyerupai jerawat yang mungkin tidak akan Anda sangka-sangka ternyata adalah sebuah kanker. Ciri-ciri kanker kulit mungkin terlihat seperti titik atau nyeri yang tidak sembuh-sembuh dalam waktu 4 minggu, titik atau nyeri yang gatal, luka-luka, yang berkeropeng atau berkerak, atau berdarah selama lebih dari 4 minggu, atau bisa jadi berupa area dimana kulit telah rusak dan tidak sembuh-sembuh dalam waktu 4 minggu, yang Anda tidak ketahui penyebabnya.

Penyakit kanker kulit terbagi menjadi 2, yaitu kanker kulit sel basal dan kanker kulit sel skuamosa.

Kanker kulit sel basal terlihat seperti kecil, lambat tumbuh, mengkilap, berbentuk benjolan merah muda atau merah. Ciri-ciri kanker kulit juga dapat terlihat seperti bercak bersisik merah. Jika dibiarkan, kanker kulit sel basal cenderung berkerak, berdarah, atau berkembang menjadi ulkus. Jenis kanker kulit ini paling umum terjadi pada wajah, kulit kepala, telinga, tangan, bahu dan punggung.

Gejala kanker kulit sel skuamosa biasanya berbentuk benjolan merah muda. Mereka bisa juga memiliki kulit keras atau bersisik di permukaan. Mereka biasanya lembut, tetapi tidak selalu. Mereka bisa jadi mudah berdarah dan berkembang menjadi ulkus. Tempat yang paling umum untuk jenis kanker kulit ini adalah pada wajah, leher, bibir, telinga, tangan, bahu, lengan dan kaki.

Bowen’s Disease merupakan gejala awal dari kanker kulit. Biasanya terlihat seperti ruam merah yang bisa jadi gatal. Hal ini dapat muncul di bagian kulit mana saja, namun paling sering ditemukan pada tungkai bawah, terutama pada wanita yang lebih tua. Tetapi juga dapat berkembang pada membran tubuh yang lembab. Membran lembab di sini dalam artian kulit basah lembut mirip dengan kulit di bagian dalam mulut Anda. Bowen’s disease mungkin muncul sebagai ruam putih di mulut atau ruam merah di daerah genital.

Kanker kulit dapat berkembang pada atau yang dekat dengan sel kulit non kanker (jinak). Anda harus menunjukkan pada dokter Anda setiap area kulit yang rusak dan tidak sembuh. Bagi Anda yang sering berjemur atau sering bekerja di luar tanpa mengenakan baju, maka sebaiknya Anda sering melakukan pengecekan pada punggung atau daerah lainnya yang terpapar sinar matahari. Mintalah bantuan ke pasangan Anda atau orang lain untuk melakukan pengecekan ke bagian-bagian yang tidak  dapat Anda lihat dengan mudah.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui tentang ciri-ciri kanker kulit. Waspadai ya! Terlebih jika Anda jarang menggunakan sunblock!

 

Banner 600 - bawah artikel - jangan salahkan laptop 1

Mau Tau Cara Diet Artis Korea & Tips Sehat Cantik Lainnya?

Penawaran TERBATAS!! Masukkan Email Anda & Dapatkan E-book GRATIS Tentang 50 Tips Sehat & Baik Dari Konsultan Kesehatan Terpercaya!!

 

Mau Tau Cara Diet Artis Korea & Tips Sehat Cantik Lainnya?

Penawaran TERBATAS!! Masukkan Email Anda & Dapatkan E-book GRATIS Tentang 50 Tips Sehat & Baik Dari Konsultan Kesehatan Terpercaya!!